MENGOBATI PENYAKIT KUDIS
Penyakit kudis ialah penyakit yang wujudnya berbintik-bintik kecil-kecil dan rasanya gatal. Penyakit kudis tejangkit dari macam-macam sebab antara lain :
v     Tempat tidur atau pakain kotor. Karana terbawa oleh binatang nyamuk dan lalat, atau kejangkitan dari orang lain, umpamanya dari kawan seasrama dan sebagainya. Untuk pencegahannya ialah pakaian, perumahan, tempat tidur harus selalu bersih. Dan pencegahannya supaya selalu mendapat sinar matahari atau setidaknya ada pergantian udara. Pakaian jangan suka bergantian dengan orang yang mempunyai penyakit kudis.

Pengobatan kudis secara tradisional ada bermacam cara, antara lain :
1)     Dengan cara meminum obat daun meniran dan daun sambiroto diremas dan dicampur dengan irisan kunyit sedikit, kemudian airnya diminum. Rasanya sangat pahit, tetapi mengandung obat yang akan membasmi kuman-kuman pada kudis itu.
2)    Dengan cara mengoleskan obat, resepnya adalah :
a)     Buah pala : 2 biji
b)     Belirang : sebesar ibu jari
c)     Minyak kelapa : 1 sendok makan
Cara membuatnya dan cara pengobatannya :
a)     Biji pala dan belerang masing – masing ditumbuk sendiri- sendiri kalau masing-masing sudah halus baru dicampur jadi satu
b)     Percampuran bahan no1 baru dicampur dengan minyak kelapa.
c)     Yang terakhir obat tersebut dioleskan dimana yang terasa gatal.
3)    Dengan cara mandi
Resep dan cara pengobatanya adalah sebagai berikut :
Daun brotowali, daun meniran, daun serai semua dikira-kira seperlunya terus direbus dengan air sampai mendidih betul. Kalau sudah mendidih diturunkan dari jerangan api. Dicampur dengan air dingin sehingga manjadi hangat suam – suam kuku.
Kemudian air tersebut untuk mandi atau berendam kurang lebih seperempat jam saja. Lakukan dengan cara ini berkali – kali sampai berhasil.


NB : jangan lupa tingalkan komentar anda, jangan Cuma baca dan copy paste doank,  moga – moga bermanfaat untuk semuanya amien…..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright by Rizki Maulana