khasiat jeruk nipis


JERUK NIPIS
( Citrus Aurantifolia)
 

  • jeruk nipis yang tinggi batangnya kurang lebih 3 meter, dan banyak sekali cabangnya, daunnya berbau sedap. Kalau masih muda kulitnya berwarna hijau, dan jeruknya rasanya asam sekali. Kalau sudah tua kulitnya kuning, rasa jeruknya menis tetap ada rasa asamnya.

Hasiatnya :
a)      Mengobati batuk : jeruk nipis dibelah, belahan jeruk nipis diperas dan ditetesi kecap, terus diminum. Atau belahan jeruk nipis dioleskan dengan kapur sirih, digosokkan leher. Insya allahh batuk berkurang pernafasan longgar.
b)      Untuk melangsingkan perut caranya : satu buah jeruk nipis ibelah dua dan diperas airnya. Kita siapkan air Teh cencam tawar satu gelas perasan jeruk nipis dicampur pada Teh cencam tersebut dalam gula pasir. Minumlah setelah makan pagi ramuan tersebut. Malamnya menjelang tidur membuat ramuan lagi yang sama, satu gelas terus diminum.
a)      Untuk menetralkan bau amis
 gelas yang bekas untuk minum jamu seduhan yang dicampur dengan telur baiklah mencucinya dengan air abu dapur, sebbun dan yang terkahir dibilas dengan irisan jeruk nipis. Insya allah bau amis akan hilang.

Kandungan zat jeruk nipis :
limonen, linalim asetat, geranil asetat, fellandrian asam sitrat, dan sitrat.

NB : jangan lupa tingalkan komentar anda, jangan Cuma baca dan copy paste doank,  moga – moga bermanfaat untuk semuanya amien…..

Salam Rizky…. Zuppiter@gmail.com / risky-multimedia.co.cc

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright by Rizki Maulana