MANFAAT TUMBUHAN


DAUN SIRIH
( Piper Betle L)

Tanaman sirih tumbuh merambat pada batang lain, batang sirih sangat kecil, bulat dan lunak serta banyak ruasnya, warnanya hijau kehitam – hiataman. Daun sirih bantuknya lonjong, besarnya 8x5 cm, ujungnya runcing pangkalnya berbentuk seperti jangtung baunya aromatik sedap.
Hasiat daun sirih :
a.       Hasiat pertama daun sirih sebagai obat batuk, caranya daun sirih, gula batu, kayu manis, semuanya diambil secukupnya, kemudian direbus dengan air mendidih. Kalau sudah dingin disaring, dapat diminum sebagai obat batuk
b.      Mengobati mimisan, ( keluar dari hidung ) dapat untuk menahan keluarnya darah tersebut, caranya anak yang mimisen dibaringkan terlebih dahulu daun sirih dicuci dulu kemudian dilipat dan digulung yang kecil, yang sekitarnya dapat dimasukkan kedalam lubang hidung, kemudian dikompreslah kepala anak yang mimisen tersebut dengan handuk basah, stelah darahnya keluar boleh duduk kembali.
c.      Hasiat yang ketiga, daun sirih tersebut apabila ada orang yang penglihatannya kurang tajam, dikarenakan min atau pandangan  mata berkunang – kunang, carilah daun sirih 5 lembar, direbus dengan air ½ liter. Kalau sudah mendidih diturunkan dari jerangan api dan didinginkan. Kalau sudah dingin air daun sirih tersebut disaring dan dituangkan dalam piring. Mata kita masukkan kedalam air sirih tersebut dan kita pejam – pejamkan, lama – kalamaan mata kita dapat tajam, walau rasanya pedas hanya sebentar sekali. Atau lebih mudahnya air sirih tersebut dimasukkan dalam gelas kecil yang cekung khusus untuk mencuci mata ( dapat dibeli diapotek.)

Kandungan zat daun sirih ;
Gula, amilum, tanin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright by Rizki Maulana